Gaji Terakhir Terim Rp902 Juta per Bulan

25 Jul 2010

fatih-terim

VIVAnews - Pemerintah butuh dana yang tidak sedikit untuk mendapatkan pelatih sekelas Fatih Terim. Pasalnya, gaji asal Turki itu jauh di atas pelatih-pelatih yang pernah menangani timnas Indonesia selama ini.

PSSI telah mengutus Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Iman Arif untuk bertemu dengan Terim di London, Inggris beberapa waktu lalu. Sayang kedua belah pihak belum sempat bertemu.

Meski demikian, menurut Arif, banyak informasi yang telah digalinya saat berada di London. Salah satunya adalah mengenai bayaran pelatih yang sukses membawa Turki ke semifinal Piala Eropa 2008 tersebut.

“Saat di London, saya bertemu dengan beberapa teman-teman yang dekat dengan Terim. Mereka banyak memberikan informasi mengenai pelatih tersebut,” kata Iman saat dihubungi VIVAnews, Sabtu, 24 Juli 2010.

Salah satu informasi yang penting adalah mengenai gaji Terim. Menurut Iman, data terakhir yang didapatnya menyebutkan Terim menerima gaji sebesar 100 ribu dolar AS atau setara dengan Rp902 juta setiap bulannya.

“Informasi ini saya dapat dari teman-temannya yang ada di London. Mereka juga mengatakan kalau Terim saat ini masih lowong,” kata Iman.

Menurut Arif, gaji pelatih-pelatih papan atas dunia memang tergolong mahal. Sebelumnya, PSSI juga sempat mendekati pelatih asal Belanda, Ruud Krol yang bergaji 80 ribu dolar AS atau setara dengan Rp722 juta sebulan.

“Kalau menurut pendapat saya, pelatih-pelatih sekelas Terim itu dikontrak untuk jangka panjang saja. Dengan demikian, dia punya waktu membentuk tim yang bisa bersaing di pentas dunia,” kata Iman.

“Kalau hanya satu atau dua tahun, kemungkinan pelatih-pelatih seperti Terim akan kesulitan untuk mendapatkan bahan baku bagi tim berkelas dunia,” tambahnya.

PSSI sendiri sudah merekrut pelatih asal Austria, Alfred Riedl. Mantan pelatih timnas Laos itu dikontrak dua tahun dengan gaji sebesar 16 ribu dolar AS atau sekitar Rp144 juta per bulannya.

Pelatih timnas sebelumnya, Benny Dolo justru dibayar lebih murah lagi. Pelatih yang gagal membawa Indonesia ke putaran final Piala Asia 2011 itu hanya mendapat gaji sebesar Rp50 juta tiap bulannya.

Pelatih asal Bulgaria, Ivan Kolev yang juga pernah menangani timnas tak jauh beda dengan Bendol. Pelatih yang membawa Indonesia di Piala Asia 2007 itu hanya mendapat gaji sebesar Rp45 juta per bulannya.

Sementara itu, Terim telah memenuhi undangan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng. Rencananya, Terim yang tiba di Jakarta, Senin, 26 Juli 2010 itu akan menghabiskan waktu 5 hari di Indonesia.

Kunjungan Terim ke Indonesia tak lepas dari keinginan pemerintah untuk mendatangkan pelatih timnas berkualitas. Rencana ini merupakan tindak lanjut dari pembicaraan yang dilakukan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Turki, Abdullah Gul beberapa waktu lalu.

VIVAnews


TAGS PSSI fatih terim fatih turkey turki pelatih pelatih timnas


-

Author

Follow Me